Kunjungan Teman

Wednesday, September 12, 2012

(A)ll (D)ay (I) (D)ream (A)bout (S)tock

(A)ll (D)ay (I) (D)ream (A)bout (S)tock, bukan beriklan merk Adidas, apalagi dapet sponsor dari Adidas blog ini (hahahaa,...ha).

Tulisan ini terinspirasi dari lagunya KoRn grup musik cadas dari amrik dengan judul lagu yg sama dengan merk gambar disebelah (yang ngebedain adalah kepanjangan huruf "S"nya..yg berbau porno..Hehe).

Ok langsung saja maksud uneg-uneg saya ya semoga jadi inspirasi buat rekan-rekan yg telah mengunjungi blog saya ini. sebelumnya saya cerita tentang macem-macem tipe trader berdasarkan apa yang sy liat selama berkecimpung di dunia pasar modal indonesia.

yg pertama tipe scalper, trader scalper memiliki kemampuan dan skill diatas rata-rata, dan sense of trading yg tinggi seperti sense mamalia predator (sense spt ini sulit untuk dipelajari). tools trader scalper canggih, mereka terinspirasi dengan istilah "forget the news, focus on price". pendek kata posisi selalu in cash ketika market open. tipe yg kedua, adalah news trader, news trader update terhadap informasi, mereka selalu terdepan dalam mendapatkan info, mereka jago dalam ambil posisi ketika suatu emiten akan melakukan "corporate action" (saya punya temen spt ini, contoh paling mutakhir saham IBST, MPPA, bocoran nih dia infoin buy MLPL saat ini, kt liat deh) dan tidak peduli dengan valuasi fundamental suatu perusahaan, mau P/E rasio 100x PBV 3x..bla..bla..bla mereka tidak peduli selama sahamnya masih diperdagangakan tiap harinya, mereka akan hajar offer. ketiga, teknikal trader, baik itu swinger trader, momentum trader, dan lain-lainlah. tipe trader ketiga ini mempunyai kemampuan analisa diatas rata-rata, annalisa trader spt ini tidak pake sistem top down, walaupun IHSG signal reversal dari Peaknya, mereka akan loncat ke emiten tersebut...motto mereka (menurut saya "plan your trade and trade your plan". dan feeling trader, meskipun aneh tp ada loh yg seperti ini, dan jangan salah mereka juga sering dapet gain yg lebih tinggi dr tipe trader laennya, hoki mereka besar bos...(sy sering ketawa-ketawa bareng org tipe spt ini...kadang disindir-sindir..."tul kan?". Dan yang terakhir tipe trader bottom up (funamentalist), mereka akan valuasi terlebih dahulu dan execute secara bertahap emiten tertentu dan bungkus abis, mau 10tahun nggak masalah Bos... *)

bagaimana dengan tipe trading saya? ahh gak tau deh, yg bisa menilai kan orang laen...hmmm, ok maksud tulisan sy (tulisan 15 menit) adalah....cari tau tipe anda seperti apa dan cocok dengan waktu, uang, skill dan lain-lain...jangan sampe jadi Adidas Trader, yang sampe mimpipun mimpinya ENRG, KARK atau laennya...hahaha!

God Save The Trader...JUST DO IT....Goooddd luckkkk!

*) tipe trader diatas bisa berubah-ubah karena kriteria dari apa yang saya liat, bisa nambah bisa juga kurang.

No comments:

Post a Comment